Konsep dan Aplikasi Multimedia, Kategori Multimedia, Definisi Multimedia, Sejarah Multimedia, Pentingya Multimedia, Perkembangan Multimedia

Konsep dan Aplikasi Multimedia

Konsep & Aplikasi   

Konsep merupakan sebuah perancangan atau metode.
Aplikasi merupakan penerapan dan penggunaan.


Multimedia
Media, merupakan satu bentuk interaksi manusia yang sesuai dengan kebutuhan dan pemrosesan menggunakan komputer seperti video, audio, teks, grafik, animasi.
Multi, merupakan gabungan beberapa media tersebut yang diintegrasikan dalam sistem atau aplikasi yang sama.

Kategori Multimedia

  • Multimedia linie. Suatu multimedia yang tidak dilengkapi dengan alat pengontrol apapun yang dapat dioperasikan oleh pengguna atau sekuensial (berurutan). Ex: TV dan film.
  • Multimedia interaktif. Suatu multimedia yang dilengkapi dengan alat pengontrol yang dapat dioperasikan oleh pengguna, sehingga pengguna dapat memilih apa yang dikehendaki untuk proses selanjutnya. Ex: multimedia pembelajaran interaktif, aplikasi game, internet, dll.

Definisi Multimedia

  • Kombinasi dari 3 elemen (suara, gambar dan teks) [McCormick, 1996]
  • Alat yg dpt menciptakan presentasi yg dinamis dan interaktif yg mengkombinasikan teks, grafik, animasi, audio dan gambar [Robin dan Linda, 2001]
  • Pemanfaatan komputer untuk membuat dan menggabungkan teks, grafik, audio, gambar bergerak (video dan animasi) dgn menggabungkan link dan tool yg memungkinkan pemakai melakukan navigasi, berinteraksi dan berkomunikasi.
Sejarah Multimedia
  • Istilah multimedia berawal dari teater yaitu pertunjukan yg memanfaatkan lebih dari 1 medium -> pertunjukan multimedia.
  • Sistem multimedia dimulai thn 1980-an dgn diperkenalkannya HyperCard oleh Apple (1987) dan pengumuman IBM tentang perangkat lunak Audio Visual Connection (AVC) dan video adapter card bagi PS/2.
  • Tahun 1994 diperkirakan lebih dari 700 produk dan sistem multimedia ada di pasaran.
  • Output multimedia berbentuk citra digital -> gambar bergerak -> gambar tiga dimensi -> interaktif.

Pentingya Multimedia

  • Multimedia sebagai alat bersaing perusahaan (sarana promosi), serta meningkatkan efektivitas dari penyampaian suatu informasi.
  • Dapat mendorong partisipasi, keterlibatan serta eksplorasi pengguna tersebut.
  • Dapat meransang panca indera, karena dengan penggunaannya multimedia akan meransang beberapa indera penting manusia, seperti : Penglihatan, pendengaran, aksi maupun suara.
Perkembangan Multimedia
  • Perkembangan multimedia mengikuti perkembangan internet.
  • Seiring dengan perkembangan CD-ROM drive dan DVD drive.
  • Pada akhir abad 20, dua per tiga rumah tangga di Amerika telah memiliki komputer dan setengahnya terhubung ke internet.
  • Adanya industri telekomunikasi -> multimedia mobile.
  • Memudahkan perusahaan untuk melakukan merger dan aliansi.
  • Multimedia mengubah tempat kerja (bisa mobile).
Perkembangan Multimedia
  • Multimedia mengubah cara orang berbalanja (teleshopping).
  • Multimedia mengubah cara akses informasi (baca koran).
Karir pada bidang Multimedia
  • Bidang pemasaran,
  • Animasi,
  • Perekaman CD/DVD,
  • Desain isi Multimedia,
  • Electronic publishing,
  • Editor elektronik,
  • Desain game,
  • Desain grafik, 
  • Desain interface,
  • Perencanaan kontruksi Multimedia,

Teknologi Multimedia

  • Teknologi Multimedia : implementasi teknologi multimedia tergantung pada teknologi seperti :
  • Sistem perancangan grafis komputer
  • Sistem operasi dan teknik implementasi
  • Sistem Jaringan (network)
  • CMS (Content Management Sytem)
  • HCI (Human Computer Interaction)

Aplikasi Multimedia

  • Bidang Bisnis
  • Presentasi
  • Pemasaran (Telemarketing)
  • Periklanan
  • Demo produk
  • Katalog, dll
  • Bidang Pendidikan
  • Tutorial
  • Simulasi dan pelatihan
  • E-Learning
  • dll

Aplikasi Multimedia

  • Bidang Hiburan
  • Games
  • Video-on-demand (VOD) : Pengguna bebas mengakses data multimedia yang tersedia pada media server (dokumen berita, entertaintment, film, musik, dll).
  • Bidang Virtual Reality
  • Menggunakan elemen dasar multimedia seperti : imagery, suara dan animasi.
  • Mengharuskan adanya umpan balik (feedback) dari user multimedia interaktif.

Hukum & Multimedia

  • Multimedia berkait dgn hak paten, copyright, penggunaan yg adil, etika dan kejahatan.
  • Hak paten yg menonjol dlm multimedia adalah hak paten data optis, hak paten Campton serta hak paten GIF dari UNISYS.
  • Singapura sejak 1996 telah memiliki perangkat hukum berkaitan dgn pemanfaatan teknologi informasi.
  • Malaysia sejak 1997 mengeluarkan hukum-hukum kriminalitas komputer, tanda tangan digital serta komunikasi dan multimedia.
  • Bagaimana dengan Indonesia ???

Konsep Pengembangan Multimedia

Menurut Suyanto (2003 : 353), tip tahapan pengembangan sistem multimedia, yaitu :
  1. Mendefinisikan Masalah. Mendefinisikan masalah sistem adalah hal yang pertama yang dilakukan oleh seorang analis sistem.
  2. Studi Kelayakan. Hal kedua yang dilakukan analis sistem adalah studi kelayakan, apakah pengembangan sistem multimedia layak diteruskan atau tidak.
  3. Analisis Kebutuhan Sistem. Menganalisis maksud, tujuan dan sasaran sistem merupakan hal yang dilakukan pada tahap ini.
  4. Merancang Konsep. Pada tahap ini, analisis sistem terlibat dengan user untuk merancang konsep yang menentukan keseluruhan pesan dan isi dari aplikasi yang akan dibuat.
  5. Merancang Isi. Merancang isi meliputi mengevaluasi dan memilih daya tarik pesan, gaya dalam mengeksekusi pesan, nada dalam mengeksekusi pesan dan kata dalam mengeksekusi pesan.
  6. Merancang Naskah. Merancang naskah merupakan spesifikasi lengkap dari teks dan narasi dalam aplikasi multimedia.
  7. Merancang Grafik. Dalam merancang grafik, analis memilih grafik yang sesuai dengan dialog.
  8. Memproduksi Sistem. Dalam tahap ini, komputer mulai digunakan secara penuh, untuk merancang sistem, dengan menggabungkan ketujuh tahap yang telah dilakukan.
  9. Mengetes Sistem. Pengetesan merupakan langkah setelah aplikasi multimedia selesai dirancang.
  10. Menggunakan Sistem. Implementasi sistem multimedia dipahami sebagai sebuah proses apakah sistem multimedia mampu beroperasi dengan baik.
  11. Memelihara Sistem. Setelah sistem digunakan, maka sistem akan dievaluasi oleh user untuk diputuskan apakah sistem yang baru sesuai dengan tujuan semula dan diputuskan apakah ada revisi atau modifikasi.

TEKS (TEXT)
Jenis-jenis Teks
Plain Text (Unformatted Text)
Teks merupakan data dalam bentuk karakter,
Teks dalam hal ini adalah kode ASCII (American Standard Code for Information Interchange) dan ASCII extension seperti UNICODE murni,
Tiap-tiap karakter direpresentasikan oleh 7 bit “binary digit” (desimal = 0-127),
Contoh plain text adalah disaat mengetik dengan menggunakan notepad (.txt)

Jenis-jenis Teks
Formatted Text (Rich Text Format)
Serangkaian karakter format yang telah didefinisikan. Contoh rich text adalah pada saat kita mengetik dengan menggunakan Wordpad (.rtf) dll.
Pada Wordpad plain teks telah diformat sedemikian rupa dengan menggunakan aturan (tag/tanda) tertentu sehingga teks tersebut dapat dibold, italics, underline, diwarna, diganti font, dan lain-lain.

Jenis-jenis Teks
Hypertext
Diperkenalkan oleh Ted Nelson (1965),
Hypertext adalah teks yang memiliki fasilitas linking.
Contoh hypertext :
HTML (Hypertext Markup Language)
XML (eXtensible Markup Language)

HTML (Hypertext Markup Language)
Merupakan standard bahasa yang digunakan untuk menampilkan document web.
Yang dapat dilakukan dengan HTML :
Mengontrol tampilan dari web page dan contentnya,
Mempublikasikan document secara online sehingga bisa di akses dari seluruh dunia,
Membuat online form yang bisa di gunakan untuk menangani pendaftaran, transaksi secara online,
Menambahkan object-object seperti image, audio, video, flash dan juga java applet dalam document HTML.
Mendukung link (sebuah hubungan dari satu dokumen ke dokumen lain) antar dokumen,

XML (eXtensible Markup Language)
HTML berkembang ke XHTML
Strukturnya lebih jelas dan punya arti,
Intelligence, karena XML mampu menangani berbagai komplesitas markup bertingkat-tingkat,
Portable, karena memisahkan data dan presentasi,
Extensible, dapat ditukar/digabung dengan dokumen XML lain,
Maintenance, XML mudah untuk diatur dan dipelihara,

GAMBAR / IMAGE
Gambar (image) merupakan suatu representasi spatial dari suatu obyek, dalam pandangan 2D atau 3D,
Gambar digital merupakan suatu fungsi dengan nilai-nilai yang berupa intensitas cahaya pada tiap-tiap titik pada bidang yang telah diquantisasikan (diambil sampelnya pada interval diskrit),
Titik dimana suatu gambar di-sampling disebut picture element (pixel),

Nilai intensitas warna pada suatu pixel disebut gray scale level
1 bit     : binary-valued image (0 - 1)
8 bits     : gray level (0 - 255)
16 bits : high color (2^16)
24 bits : 2^24 true color
32 bits : true color (2^32)
8 bits = 1 byte
Format gambar digital memiliki 2 parameter :
Spatial resolution pixels X pixels
Color encoding bits / pixel
Misal: terdapat gambar berukuran 100 pixels x 100 pixels dengan color encoding 24 bits dengan R=8bits, G=8bits, B=8bits per pixel
Maka color encoding akan mampu mewakili 0 .. 16.777.215 (mewakili 16 juta warna)
Ruang disk yang dibutuhkan = 100 * 100 * 3 byte (karena RGB) = 30.000 bytes = 30KB atau 100 * 100 * 24bits = 240000bits
1 KB = 1000 bytes

Jika suatu gambar disimpan maka yang disimpan adalah array 2D,
Dimana masing-masing merepresentasikan data yang berhubungan dengan pixel tersebut. Array[x,y] = warna pixel,
Setiap pixel dapat mempunyai informasi tambahan yang berhubungan dengan pixel tersebut,
Masing-masing gambar juga memiliki informasi tambahan seperti lebar X panjang gambar, kedalaman gambar, pembuat, dll.

Grafik (Graphics)
Grafik tidak hanya terdiri dari gambar-gambar statis.
Grafik dapat dimanipulasi secara dinamis :
Motion dynamics : obyek / background bergerak
Update dynamics : obyek berubah bentuk, warna, dll

Format File Gambar
Bitmap (.BMP)
Format gambar yang paling umum dan merupakan format standar Windows.
Ukuran filenya sangat besar karena bisa mencapai ukuran Megabytes.
File ini merupakan format yang belum terkompresi dan menggunakan sistem warna RGB (Red, Green, Blue) dimana masing-masing warna pixelnya terdiri dari 3 komponen, R, G, dan B yang dicampur menjadi satu.
File BMP dapat dibuka dengan berbagai macam software pembuka gambar seperti ACDSee, Paint, IrvanView dll.

FORMAT FILE GAMBAR
Joint Photographic Expert Group (.JPEG/JPG)
Format JPG merupakan format yang paling terkenal sekarang ini.
Hal ini karena sifatnya yang berukuran kecil (hanya puluhan/ratusan KB saja), dan bersifat portable.
File ini sering digunakan pada bidang fotografi untuk menyimpan file foto.
File ini bisa digunakan di web (internet).

FORMAT FILE GAMBAR
Graphics Interchange Format (.GIF)
Format GIF ini berukuran kecil dan mendukung gambar yang terdiri dari banyak frame sehingga bisa disebut sebagai gambar animasi (gambar bergerak).
Format ini sering sekali digunakan di internet untuk menampilkan gambar-gambar di web.

FORMAT FILE GAMBAR
Portable Network Graphics (.PNG)
Format yang standar dan sering digunakan di internet untuk menampilkan gambar atau pengiriman gambar.
Ukuran file ini cukup kecil dan setara dengan ukuran gif dengan kualitas yang bagus. Namun tidak mendukung animasi (gambar bergerak).
Format gambar bentuk lain seperti TIFF (Tagged Image File Format), ICO (Icon), EMF (Enchanced Windows Metafile), PCX, ANI (Animation), CUR (Cursor), WBMP (WAP BMP), PSD (Adobe Photoshop Document), CDR (Corel Draw), dll.
Daftar Isi Cari Nilai Bagus

Popular posts from this blog

Eksperimen Proses Perkecambahan Kacang Merah Dengan Menggunakan Air Mineral dan Air Kelapa

Pengertian, Definisi , Ruang Lingkup, Antropometri Menurut Para Ahli

Rumah Adat, Senjata Tradisional, Tarian Tradisional, Lagu Daerah, Suku, Bahasa Daerah, Pakaian Adat di 33 Propinsi di Indonesia