Slide PowerPoint, Pengembangan Sistem, Proses Pengembangan Sistem
Slide PowerPoint Pengembangan Sistem
Proses Pengembangan sistem berasal dari system life cycle/siklus hidup sistem.
Siklus hidup sistem terjadi begitu saja
System Life cycle adalah pemfaktoran umur hidup sebuah sistem informasi ke dalam dua tahap (1) pengembangan sistem dan (2) Operasi dan perawatan sistem – pertama anda membangunnya, kemudian anda menggunakan dan merawatnya . Pada akhirnya, anda kembali ke pengembangan ulang sebuh sistem baru
System Development Methodology / metodologi pengembangan sistem , mengeksekusi tahap pengembangan sistem siklus hidup sistem .
Pendekatan Pengembangan Sistem
Dalam pengembangan sebuah sistem, kita mengenal konsep SDLC (system development life cycle). Secara global definisi SDLC dapat dikatakan sebagai suatu proses berkesinambungan untuk menciptakan atau merubah sebuah sistem, merupakan sebuah model atau metodologi yang digunakan untuk melakukan pengembangan sistem
Proses Pengembangan Sistem
System development process/ process pengembangan sistem adalah satu set aktivitas , metode , dan peralatan terotomasi yang digunakan stakeholder untuk mengembangkan dan memelihara sistem informasi dan perangkat lunak . Proses pengenbangan sistem ini kebanyakan organisasi mengikuti pendeketan pemecahan masalah. Pemecahan masalah tersebut bisa kita kelompokan kedalam empat tahap atau fase yang harus diselesikan untuk semua proyek pengembangan sistem
Pendekatan Pengembangan Sistem
Biasanya sebuah langkah akan diselesaikan terlebih dahulu sebelum melanjutkan ke fase berikutnya. Keuntungan menggunakan metodologi ini requirement harus didefinisikan lebih mendalam sebelum proses coding dilakukan. Disamping itu metodologi ini memungkinkan sesedikit mungkin perubahan dilakukan pada saat proyek berlangsung. Namun, metodologi ini juga mempunyai beberapa kelemahan, diantaranya desain harus komplit sebelum programming dimulai, serta jika terjadi fase yang terlewati, maka biaya yang akan ditimbulkan akan lumayan besar.
Bagian dari metodologi ini antara lain Waterfall Modeling dan Parallel Development. Berbeda dengan Waterfall Modeling, Parallel Development memungkinkan beberapa fase dilakukan secara bersama-sama untuk mempersingkat waktu
Structural Design
Merupakan sebuah metode pengembangan sistem dimana antara satu fase ke fase yang lain dilakukan secara berurutan.
Pendekatan Pengembangan Sistem
Phased Development membagi sistem secara keseluruhan menjadi beberapa versi sistem. Setelah desain untuk versi pertama selesai maka akan dilanjutkan ke implementasi. Setelah versi pertama terselesaikan, maka pengembang akan memulai lagi ke versi selanjutnya.
Metodologi prototyping melakukan analisis, desain dan implementasi secara bersamaan, kemudian dilakukan secara berulang-ulang untuk mendapat review dari pengguna. Sebuah prototiping adalah sebuah sistem dalam fungsi yang sangat minimal.
Sedangkan metodologi Throwaway Prototyping hampir sama dengan metodologi Prototyping. Perbedaannya bahwa pada metodologi ini, analisis dilakukan lebih mendalam lagi.
Rapid Application Development (RAD)
Metodologi ini melakukan beberapa penyesuaian terhadap SDLC pada beberapa bagian sehingga lebih cepat untuk sampai ke tangan pengguna. metodologi ini biasanya mensyaratkan beberapa teknik dan alat2 khusus agar proses bisa cepat
Object Oriented Analysis and Design (OOAD)
Pendekatan yang terakhir adalah pendekatan berbasis Objek. Seiring dengan berkembangnya trend pemrograman berbasis objek maka analisis dan desain sistem juga bisa menggunakan konsep objek. Pendekatan baru untuk pengembangan sistem ini sering disebut sebagai pendekatan ketiga setelah pendekatan yang berorientasi data dan berorientasi proses. OOAD adalah metode pengembangan sistem yang lebih menekankan pada objek dibandingkan dengan data atau proses. Ada beberapa ciri khas dari pendekatan ini yaitu object, Inheritance dan object class
OOAD, merupakan penggabungan 3 (tiga) pendekatan, yaitu: Object Oriented Design (OOD), Object Oriented Analysis (OOA) dan Object Oriented Programming (OOP).
OOA merupakan metode analisis yang memeriksa kebutuhan (requirement) berdasarkan prespektif pengumpulan objek-objek dan kelas-kelas dalam sebuah domain problem,
OOD merupakan sebuah metode mendesain yang mencakup proses pendekompoisisan objek dan digambarkan dalam notasi sehingga bisa menggambarkan static dan dynamic model sistem baik secara logical dan/atau physical
OOP merupakan sebuah metode untuk mengimplementasikan program yang diorganisasikan sebagai kumpulan objek dimana tiap-tiap objek merupakan instan dari sebuah kelas dan kelas merupakan salah satu dari kumpulan kelas yang saling berhubungan secara hirarki menggunakan inheritance relationship
Hubungan antara OOA, OOD dan OOP adalah: hasil pemodelan atau pengumpulan objek dari OOA akan digunakan oleh OOD dan hasil dari OOD akan digunakan sebagai blueprint untuk membangun sistem dengan menggunakan OOP.
Strategi Metodologis
Metodologi dan rute dapat mendukung opsi apakah membangun solusi perangkat lunak sendiri atau membeli perangkat lunak komersial dari vendor perangkat lunak
Metodologi mungkin sangat presfektif ( Sentuhlah semua dasar: Ikutilah semua aturan “) atau relatif adaptif (‘Ubahlah seperlunya dalam garis pedoman tertentu
Metodologi dapat di karakteristikan sebagai model driven (Buatlah Gambar sistem “) atau Product driven (“bagunlah produk dan lihat bagaimana para pengguna bereaksi)
Metodologi-metodologi model driven dengan cepat bergerak ke fokus pada teknologi berorientasi objek yang digunakan untuk mengkonstruksi sistem saat ini
Pendekatan Produk driven cendrung menekankan baik prototyping cepat atau menuliskan kode program secepat mungkin ( extreme Programming/Pemrograman ekstrem)
Metode Cerdas (Agile Method), Metode yang berisi peralatan dan teknik-teknik semua metodologi
Alternatif Membangun Sistem
Model Driven Development Sebuah strategi pengembangan sistem yang menekankan pembuatan gambar model-model sistem untuk membantu visualisasi dan analisis dan mendesain sistem informasi
Process Modeling
System Life cycle adalah pemfaktoran umur hidup sebuah sistem informasi ke dalam dua tahap (1) pengembangan sistem dan (2) Operasi dan perawatan sistem – pertama anda membangunnya, kemudian anda menggunakan dan merawatnya . Pada akhirnya, anda kembali ke pengembangan ulang sebuh sistem baru
System Development Methodology / metodologi pengembangan sistem , mengeksekusi tahap pengembangan sistem siklus hidup sistem .
Pendekatan Pengembangan Sistem
Dalam pengembangan sebuah sistem, kita mengenal konsep SDLC (system development life cycle). Secara global definisi SDLC dapat dikatakan sebagai suatu proses berkesinambungan untuk menciptakan atau merubah sebuah sistem, merupakan sebuah model atau metodologi yang digunakan untuk melakukan pengembangan sistem
Proses Pengembangan Sistem
System development process/ process pengembangan sistem adalah satu set aktivitas , metode , dan peralatan terotomasi yang digunakan stakeholder untuk mengembangkan dan memelihara sistem informasi dan perangkat lunak . Proses pengenbangan sistem ini kebanyakan organisasi mengikuti pendeketan pemecahan masalah. Pemecahan masalah tersebut bisa kita kelompokan kedalam empat tahap atau fase yang harus diselesikan untuk semua proyek pengembangan sistem
Pendekatan Pengembangan Sistem
Biasanya sebuah langkah akan diselesaikan terlebih dahulu sebelum melanjutkan ke fase berikutnya. Keuntungan menggunakan metodologi ini requirement harus didefinisikan lebih mendalam sebelum proses coding dilakukan. Disamping itu metodologi ini memungkinkan sesedikit mungkin perubahan dilakukan pada saat proyek berlangsung. Namun, metodologi ini juga mempunyai beberapa kelemahan, diantaranya desain harus komplit sebelum programming dimulai, serta jika terjadi fase yang terlewati, maka biaya yang akan ditimbulkan akan lumayan besar.
Bagian dari metodologi ini antara lain Waterfall Modeling dan Parallel Development. Berbeda dengan Waterfall Modeling, Parallel Development memungkinkan beberapa fase dilakukan secara bersama-sama untuk mempersingkat waktu
Structural Design
Merupakan sebuah metode pengembangan sistem dimana antara satu fase ke fase yang lain dilakukan secara berurutan.
Pendekatan Pengembangan Sistem
Phased Development membagi sistem secara keseluruhan menjadi beberapa versi sistem. Setelah desain untuk versi pertama selesai maka akan dilanjutkan ke implementasi. Setelah versi pertama terselesaikan, maka pengembang akan memulai lagi ke versi selanjutnya.
Metodologi prototyping melakukan analisis, desain dan implementasi secara bersamaan, kemudian dilakukan secara berulang-ulang untuk mendapat review dari pengguna. Sebuah prototiping adalah sebuah sistem dalam fungsi yang sangat minimal.
Sedangkan metodologi Throwaway Prototyping hampir sama dengan metodologi Prototyping. Perbedaannya bahwa pada metodologi ini, analisis dilakukan lebih mendalam lagi.
Rapid Application Development (RAD)
Metodologi ini melakukan beberapa penyesuaian terhadap SDLC pada beberapa bagian sehingga lebih cepat untuk sampai ke tangan pengguna. metodologi ini biasanya mensyaratkan beberapa teknik dan alat2 khusus agar proses bisa cepat
Object Oriented Analysis and Design (OOAD)
Pendekatan yang terakhir adalah pendekatan berbasis Objek. Seiring dengan berkembangnya trend pemrograman berbasis objek maka analisis dan desain sistem juga bisa menggunakan konsep objek. Pendekatan baru untuk pengembangan sistem ini sering disebut sebagai pendekatan ketiga setelah pendekatan yang berorientasi data dan berorientasi proses. OOAD adalah metode pengembangan sistem yang lebih menekankan pada objek dibandingkan dengan data atau proses. Ada beberapa ciri khas dari pendekatan ini yaitu object, Inheritance dan object class
OOAD, merupakan penggabungan 3 (tiga) pendekatan, yaitu: Object Oriented Design (OOD), Object Oriented Analysis (OOA) dan Object Oriented Programming (OOP).
OOA merupakan metode analisis yang memeriksa kebutuhan (requirement) berdasarkan prespektif pengumpulan objek-objek dan kelas-kelas dalam sebuah domain problem,
OOD merupakan sebuah metode mendesain yang mencakup proses pendekompoisisan objek dan digambarkan dalam notasi sehingga bisa menggambarkan static dan dynamic model sistem baik secara logical dan/atau physical
OOP merupakan sebuah metode untuk mengimplementasikan program yang diorganisasikan sebagai kumpulan objek dimana tiap-tiap objek merupakan instan dari sebuah kelas dan kelas merupakan salah satu dari kumpulan kelas yang saling berhubungan secara hirarki menggunakan inheritance relationship
Hubungan antara OOA, OOD dan OOP adalah: hasil pemodelan atau pengumpulan objek dari OOA akan digunakan oleh OOD dan hasil dari OOD akan digunakan sebagai blueprint untuk membangun sistem dengan menggunakan OOP.
Strategi Metodologis
Metodologi dan rute dapat mendukung opsi apakah membangun solusi perangkat lunak sendiri atau membeli perangkat lunak komersial dari vendor perangkat lunak
Metodologi mungkin sangat presfektif ( Sentuhlah semua dasar: Ikutilah semua aturan “) atau relatif adaptif (‘Ubahlah seperlunya dalam garis pedoman tertentu
Metodologi dapat di karakteristikan sebagai model driven (Buatlah Gambar sistem “) atau Product driven (“bagunlah produk dan lihat bagaimana para pengguna bereaksi)
Metodologi-metodologi model driven dengan cepat bergerak ke fokus pada teknologi berorientasi objek yang digunakan untuk mengkonstruksi sistem saat ini
Pendekatan Produk driven cendrung menekankan baik prototyping cepat atau menuliskan kode program secepat mungkin ( extreme Programming/Pemrograman ekstrem)
Metode Cerdas (Agile Method), Metode yang berisi peralatan dan teknik-teknik semua metodologi
Alternatif Membangun Sistem
Model Driven Development Sebuah strategi pengembangan sistem yang menekankan pembuatan gambar model-model sistem untuk membantu visualisasi dan analisis dan mendesain sistem informasi
Process Modeling
Sebuah teknik berpusat pada proses yang di populerkan oleh metodologi analisis dan desain terstruktur (structured analysis and desain) yang menggunakan model-model persyaratan proses bisnis untuk memperoleh desain perangkat lunak efektif untuk sebuah sistem.
Data Modeling
Sebuah teknik berpusat pada data yang digunakan untuk memodelkan persyaratan-persyaratan data bisnis dan mendesain sistem-sitem database yang memenuhi persyaratan tersebut.Model-model data yang sering disebut adalah entity relationship diagram.
Object Modeling
Sebuah teknik yang mencoba untuk menyatukan data dan proses ke dalam konsepsi tunggal yang disebut objcet.Model-model objek adalah diagram-diagram yang mendokumentasikan sebuah sistem dalam artian objek-objek dan interaksi –interaksi mereka
Rapid Application Development
Sebuah strategi pengembangan sistem yang menekankan kecepatan pengembangan melalui keterlibatan pengguna yang ekstensif dalam konstruksi cepat.
Prototype
Sebuah model skala kecil , representatif atau model bekerja dari persyaratan pengguna atau desain yang diusulkan untuk sebuah sistem informasi . Daftar Isi Cari Nilai Bagus
Data Modeling
Sebuah teknik berpusat pada data yang digunakan untuk memodelkan persyaratan-persyaratan data bisnis dan mendesain sistem-sitem database yang memenuhi persyaratan tersebut.Model-model data yang sering disebut adalah entity relationship diagram.
Object Modeling
Sebuah teknik yang mencoba untuk menyatukan data dan proses ke dalam konsepsi tunggal yang disebut objcet.Model-model objek adalah diagram-diagram yang mendokumentasikan sebuah sistem dalam artian objek-objek dan interaksi –interaksi mereka
Rapid Application Development
Sebuah strategi pengembangan sistem yang menekankan kecepatan pengembangan melalui keterlibatan pengguna yang ekstensif dalam konstruksi cepat.
Prototype
Sebuah model skala kecil , representatif atau model bekerja dari persyaratan pengguna atau desain yang diusulkan untuk sebuah sistem informasi . Daftar Isi Cari Nilai Bagus
- Anomali Pertumbuhan Ekonomi Indonesia
- Kerajinan Dari Barang Bekas
- Kewirausahaan Dalam Milenium Baru
- Makalah Kemampuan Bernegosiasi, Pengertian Negosiasi, Dasar Bernegosiasi
- Negosiasi Sukses Dengan Proses Yang Tepat
- Kliping Bencana Alam, Kebakaran Hutan, Banjir, Gempa Bumi, Badai Tropis
- Kliping Penyakit Malaria pdf, Penyebab Penyakit Malaria, Pencegahan Penyakit Malaria, Pengobatan Penyakit Malaria, Gejala Penyakit Malaria,
- Macam-macam Senjata Tradisional Dari Daerah - New!
- Tugas Kliping Panca Indera Gambar berikut Fungsinya
- Bagian Tumbuhan, Tubuh Hewan, Tubuh Burung, Organ Tubuh Ikan, Organ Tubuh Kucing, Daur Hidup Kupu-kupu, Metamorfosis Katak
- Ciri Khusus Hewan dan Tumbuhan pdf
- Jenis Peralatan, Fungsi Peralatan, Pengolahan Makanan
- Kesenian dan Kebudayaan Riau, Rumah Adat Riau, Pakaian Adat Riau, Senjata Tradisional Riau, Tari Tradisional, Alat Musik Tradisional Riau
- Kuliah Pengertian dan Definisi Aset
- Pengertian Air Daun Suji, Fungsi daun Suji, Pengertian Simple Syrup, Pengertian Kinca
- Pengertian Garis Weber | Pengertian garis weber | Fauna Tipe Asiatis | Fauna Tipe Peralihan | Fauna Tipe Australis
- Pengertian Ilmu Gizi dan Zat Gizi
- Pengertian Magnesium | Fungsi Magnesium | Dampak Kekurangan dan Kelebihan Magnesium | Natrium
- Pengertian Tugas Sekolah, Tujuan serta Manfaatnya
- Pengertian | Atletik | Jenis | Lari | Jarak | Pendek | Menengah | Jauh | Estafet | Gawang | Lompat | Tinggi | Jangkit | Lempar | Cakram | Lembing | Tolak | Peluru
- Pengertian | Fungsi | Zat Besi | Cobalt | Sumber Makanan
- Pengertian, Definisi , Ruang Lingkup, Antropometri Menurut Para Ahli - New!
- Pengertian, Tugas, Presiden, Wakil Presiden
- Pengetahuan Bahan Makanan, Pengertian Unggas, Macam-Macam Unggas, Struktur Unggas, Komposisi Kimia Unggas, Fungsi Unggas, Mutu Unggas, Pengolahan Unggas, Hasil Olahan Unggas
- BookletPeninggalan dan Sejarah Kerajaan, Majapahit, Kediri, Demak"
- Empat Pilar | Kehidupan | Berbangsa | Bernegara | Pancasila | Ideologi | Dasar Negara | Solusi
- Pengertian Masa Pra Aksara, Zaman Batu, Zaman Logam,
- Pengetahuan Seputar Sejarah Kemerdekaan Indonesia
- Peninggalan Sejarah Kerajaan Tarumanegara di Karawang, Candi Batujaya
- Puisi Kemerdekaan Karya Anak Bangsa
- Sejarah Kemerdekaan Republik Indonesia
- Tugas Sejarah, Masa Pra Aksara, Manusia Purba
- Kisah Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail Dalam Format Word dan PowerPoint
- Materi | Paparan | Posyandu | Lomba | Kegiatan | Pengembangan | Pendukung
- Pengawasan Barang Beredar, Undang-Undang Perlindungan Konsumen
- Presentasi Diabetes Melitus dan komplikasinya
- Slide Peta Navigasi Elektronika Sistem ECDIS
- Slide PowerPoint "Metafora Dalam Novel Laskar Pelangi" Karya Andrea Hirata
- Slide PowerPoint Kegiatan Belajar Elektronika
- Slide PowerPoint Manajemen Strategy
- Slide PowerPoint Tugas Bank dan Lembaga Keuangan Lainnya
- Slide PowerPoint, Diabetes Melitus, Komplikasi, Tanda-Tanda Diabetes
- Slide PowerPoint, Pengembangan Sistem, Proses Pengembangan Sistem
- Slide Powerpoint "Jaringan Tumbuhan"
- Slide Powerpoint "Sel"
- Slide Powerpoint "TRANSPOR MELALUI MEMBRAN"
- Slide Powerpoint Teknik Komunikasi
- Slide Powerpoint, Struktur Akar
- Slide, Kanker, Aksi Hormon, Syntesis, Metabolisme Estrogen, Androgen, Hormon Steroid,
- Slide, PowerPoint, Kewirausahaan, Millenium Baru
- Unsur-Unsur Halogen Kimia, Unsur Halogen Karakteristik
- HIDANGAN SAYURAN KHAS JAWA TIMUR
- How to make a Milkshake in a bag
- Jenis Makanan Khas Nusantara
- Lauk Pauk Khas Betawi | Sayur Lodeh | Sayur Babanci | Semur Daging | Cara Pembuatan - New!
- MAKANAN BERBAHAN DASAR SAYURAN
- Pelajaran Tata Boga "Cara Menanam Padi" pdf
- Pengetahuan Bahan Makanan Tentang Telur
- Apa Kata Orang Terhadap Pemimpin Yang Baik
- BIOGRAFI PRESIDEN SOEKARNO SANG PROKLAMATOR.
- Bahan Makalah Asuransi dan Dana Pensiun, Pengertian Asuransi, Prinsip Dasar Asuransi, Manfaat dan Keuntungan Asuransi - New!
- Biografi Bung Hatta "Proklamator Indonesia"
- Contoh Kisah-kisah Yang Menunjukan Asmaul Husna
- Kelebihan dan Kekurangan Tata Ruang Kantor
- Konsep dan Aplikasi Multimedia, Kategori Multimedia, Definisi Multimedia, Sejarah Multimedia, Pentingya Multimedia, Perkembangan Multimedia
- Makalah Olahraga Makanan 4 Sehat dan 5 Sempurna Untuk Anak SD - New!
- Mentality Attitude, Bisnis Asuransi, Unit Kerja Bidang Pemasaran
- Nama Negara, Bendera, Ibukota, Bahasa, Lambang, Lagu Kebangsaan di Asia Tenggara
- Pantun Jenaka, Pantun Nasehat, Pantun Agama, Pantun Muda Mudi
- Paparan Tentang Diabetes Melitus dan Komplikasinya - New!
- Pengaruh Kepemimpinan, Disiplin Kerja dan Komunikasi Terhadap Motivasi Kerja
- Pengertian Penginderaan Jarak Jauh | Komponen Penginderaan Jarak Jauh - New!
- Pengertian Tugas Sekolah, Tujuan serta Manfaatnya
- Psikologi Kepemimpinan
- Rumah Adat, Senjata Tradisional, Tarian Tradisional, Lagu Daerah, Suku, Bahasa Daerah, Pakaian Adat di 33 Propinsi di Indonesia
- Slide PowerPoint, Neoplasma, Hiperplasia, Hipertrofia, Mataplasia, Displasia, Karsinoma In Situ, Hamartoma, Nomenklatur, Diferensiasi, Klasifikasi Tumor,
- Slide, PowerPoint, Fisiologi, Klasifikasi Hormon, Water Solube Hormones, Lipid, Pembagian Hormon
- Solusi Layanan Kesehatan Begerak | 50 Beds Mobile Field Hospital Layout | Tenda Tiup | Ruang Operasi
- Telekomunikasi Sederhana | Manusia dan telekomunikasi | Mengenal Sistem Telekomunikasi - New!
- Unsur Instrisik Novel, Dalam Migrab Cinta