Bagian Tumbuhan, Tubuh Hewan, Tubuh Burung, Organ Tubuh Ikan, Organ Tubuh Kucing, Daur Hidup Kupu-kupu, Metamorfosis Katak

Bagian-bagian dari Tumbuhan

1. AKAR

Akar mempunyai susunan dari luar ke dalam yaitu kulit luar (epidermis), kulit pertama (korteks), dan silinder pusat. Bagian-bagian akar terdiri dari tudung akar, ujung akar, batang akar, cabang akar dan pangkal akar. Fungsi akar bagi tumbuhan adalah :
  • Untuk menguatkan berdirinya batang,
  • Menyerap air dan garam mineral,
  • Membantu penyerapan oksigen di udara pada tumbuhan tembakau, dan
  • Menyimpan cadangan makanan misalnya pada tumbuhan umbi-umbian.

2. BATANG

Batang  merupakan bagian tubuh tumbuhan yang ada di atas tanah, serta tempat melekatnya daun, bunga dan buah. Fungsi batang yaitu :
  • Untuk penyokong tubuh tumbuhan,
  • Mengangkut zat makanan ke seluruh tubuh tumbuhan,
  • Mengangkut air dan mineral dari akar ke daun, serta zat makanan hasil fotosintesis ke seluruh bagian tubuh.
3. DAUN

Daun banyak mengandung zat warna hijau yang disebut klorofil. Daun dibedakan menjadi daun tunggal dan daun majemuk. Berdasarkan susunannya, tulang daun ada yang menyirip (mangga dan jambu), menjari (singkong), dan sejajar (jagung. tebu, padi, dan alang-alang). Fungsi daun yaitu :
  • Untuk fotosintesis, penguapan air,
  • Pengeluaran air berupa tetesan, dan
  • Alat pernapasan tumbuhan.
4.  BUNGA

Bunga merupakan alat perkembangbiakan secara kawin pada tumbuhan. Bagian-bagian bunga meliputi tangkai, mahkota, kelopak, benang sari dan putik. Benang sari berfungsi sebagai alat kelamin jantan dan putik berfungsi sebagai alat kelamin betina.

5. BUAH

Buah ada yang berdaging, contohnya buah mangga dan buah apel. Buah terdiri atas daging buah dan biji.

Lihat Gambar Bagian dari Tumbuhan

Bagian-Bagian Dari Tumbuhan
Bagian-Bagian Dari Tumbuhan

BAGIAN-BAGIAN TUBUH HEWAN

BurungBagian utama tubuh burung :
•  Kepala : mata, lubang hidung, lubang telinga, paruh
•  Badan  : Dada, perut, ekor
• Anggota gerak  : Kaki dan sayap

Kegunaan bagian tubuh burung :
Ekor  : menjaga keseimbangan tubuh saat terbang
Paruh : makan
Kaki   : Bertengger di pohon
Sayap : terbang
Bulu   : menutupi tubuh burung dan menghangatkan tubuh.

Bagian Tubuh Burung
Bagian Tubuh Burung


Ikan

Nama-nama dan fungsi organ tubuh Ikan
  • Di dalam rongga mulut ikan terdapat gigi-gigi dan lidah yang berfungsi untuk menelam makanan. Ikan mas tidak memiliki kelenjar ludah, tetapi memiliki kelenjar lendir yang berguna untuk membantu menelan makanan.
  • Pada proses pencernaan, makanan dari rongga mulut masuk ke kerongkongan (esofagus). Esofagus adalah permulaan dari saluran pencernaan yang berbentuk seperti pipa, mengandung lendir untuk membantu penelanan makanan. Pada ikan laut, esofagus berperan dalam penyerapan garam melalui difusi pasif menyebabkan konsentrasi garam air laut yang diminum akan menurun ketika berada di lambung dan usus sehingga memudahkan penyerapan air oleh usus belakang dan rectum (proses osmoregulasi).
  • Lambung berfungsi sebagai penampung makanan. Pada ikan yang tidak berlambung fungsi penampung makanan digantikan oleh usus depan yang dimodifikasi menjadi kantong yeng membesar. Pada ikan tak bergigi (biasanya herbivora) terdapat gizzard yang berfungsi untuk menggerus makanan. Seluruh permukaan lambung ditutupi oleh sel mucus yang mengandung mukopolisakarida yang agak asam berfungsi sebagai pelindung dinding lambung dri kerja asam klorida. Di bagian luar sel epitellium terdapat lapisan lendir sebagai hasil sekresi sel mucus tersebut. Sel-sel penghasil cairan gastric terletak di bagian bawah dari lapisan epitellium mensekresikan pepsin dan asam klorida. Berbeda dengan mamalia pada ikan pencernaan secara kimiawi dimulai di bagian lambung, bukan di bagian rongga mulut, karena ikan tidak memiliki kelenjar air liur.
  • Dari lambung, makanan masuk ke usus.
  • Usus merupakan segmen yang terpanjang dari saluran penceraan. Pada bagian depan usus terdapat dua saluran yang masuk ke dalam yaitu saluran yang berasal dari kantung empedu dan yang berasal dari pankreas. Pankreas merupakan organ yang menghasilkan enzim pencernaan dan hormon insulin. Organ yang menghasilkan empedu dalam kantong empedu adalah hati.
  • Di usus bermuara cairan empedu yang membantu proses pencernaan terutama pencernaan lemak. Di usus halus, sari-sari makanan diserap dan selanjutnya diedarkan oleh darah ke seluruh bagian tubuh.
  • Sisa-sisa makanan yang tidak diserap dikeluarkan melalui anus.
Perhatikan Gambar Organ Tubuh Ikan

Bagian Organ Tubuh Ikan
Bagian Organ Tubuh Ikan

Kucing

Bagian utama tubuh kucing
  1. Kepala : Telinga, mulut, hidung, mata, kumis
  2. Badan : dada, perut, ekor, rambut
  3. Alat gerak : kaki
 Fungsi dari Masing-masing Tubuh Kucing
  1. Mata : berguna untuk melihat
  2. Telinga : berguna untuk mendengar
  3. Mulut : berguna untuk makan
  4. Gigi : berguna untuk mengunyah
  5. Kumis : berguna untuk mendeteksi mangsa
  6. Ekor : berguna untuk keseimbangan tubuh
  7. Rambut : berguna untuk menutup dan menghangatkan tubuh
  8. Kaki : berguna untuk berjalan
  9. Cakar : menerkam mangsa
Bagian Organ Tubuh Kucing
Bagian Organ Tubuh Kucing

Kupu-Kupu

Daur hidup kupu-kupu dimulai dari telur. Telur kupu-kupu biasanya berada di permukaan daun. Telur kemudian menetas menjadi ulat. Ulat itu akan makan selama berhari-hari, lama kelamaan ulat akan behenti makan, dan mulai berubah menjadikepompong.

Masa kepompong ini berlangsung selama berhari-hari. Jika telah sempurna, kupu-kupu keluar dari kepompong tersebut,dan menjadi Kupu-kupu dewasa. Yang berkembang biak dengan bertelur. Dari telur itu, proses metamorfosis dimulai lagi.
Daur Hidup Kupu-Kupu
Daur Hidup Kupu-Kupu


Katak

Urutan metamorfosis katak dimulai dari telur kemudian menetas menjadi berudu (kecebong). Berudu berubah menjadi katak kecil. Katak kecil lama-kelamaan menjadi katak dewasa. Metamorfosis katak ini paling umum dijadikan contoh metamorfosis sempurna. Meski tidak melewati tahapan pupa atau kepompong seperti siklus metamorfosis serangga, namun katak juga mengalami transformasi yang utuh. Jika diperhatikan, berudu yang berangsur-angsur menjadi katak muda yang memiliki ekor. Katak muda ini berbeda dengan katak dewasa. katak muda masih memiliki ekor sementara setelah dewasa, katak tak lagi terlihat memiliki bagian ekor pada tubuhnya. Oleh sebab itu, katak juga bisa disimpulkan melewati 4 tahapan metamorfosis yakni telur à berudu à katak muda dengan ekor à katak dewasa tanpa ekor.
Daftar Isi Cari Nilai Bagus

Popular posts from this blog

Pengertian, Definisi , Ruang Lingkup, Antropometri Menurut Para Ahli

Kesenian dan Kebudayaan Riau, Rumah Adat Riau, Pakaian Adat Riau, Senjata Tradisional Riau, Tari Tradisional, Alat Musik Tradisional Riau

Pengertian | Fungsi | Zat Besi | Cobalt | Sumber Makanan